Inilah Daftar 10 Tempat Wisata di Solo yang Wajib Dikunjungi

Inilah Daftar 10 Tempat Wisata di Solo yang Wajib Dikunjungi
Tempat Wisata di Solo - Tempat wisata di solo - Kota solo berada di jawa tenggah yang memiliki julukan resmi Surakarta. Solo sangatlah terkenal dengan wisata bahkan wisatawan luar negeri maupun dalam negeri sering berkunjung ke solo untuk sedekar liburan. Selain wisata, solo tentunya memiliki keindahan alam yang sagatlah cantik. Maka dari itu solo menjadi salah satu kota dengan objek wisata yang sering di kunjungi.

Solo menjadi salah satu tujuan wisata seperti wisata alam,  budaya, sejarah, religi, sampai modern. Hal ini selain menjadi kunjungan tempat wisata, kita juga belajar sejarah dari kota solo. Nah untuk sekedar informasi tempat wisata di solo ada beberapa tempat wisata yang mungkin bisa kamu kunjungi, seperti berikut ini.

10 Tempat Wisata di Solo yang Wajib Dikunjungi


1. Grojogan Sewu Tawangmangu


Grojogan Sewu Tawangmangu menjadi salah satu tempat wisata yang diminati kebanyakan wisatawan. Grojogan Sewu Tawangmangu memberikan tampilan alam seperti air terjun setinggi 80 meter, air terjun ini berlokasi di sisi barat gunung lawu. Kalau dari kota solo, jarak antara kota dan lokasi wisata ini sekitar kurang lebih 37 kilometer. Tahukah kamu kalau air terjun yang berada di Grojogan Sewu Tawangmangu menjadi salah satu air terjun tertinggi di jawatenggah.

Jika kamu berkunjung di Grojogan Sewu Tawangmangu kamu akan melintasi tangga sebanyak 1.000 anak tangga, jadi buat teman teman yang tidak begitu sangup jangan di paksakan ya. Selain itu disamping kamu berjalan kamu di manjakan dengan pemandangan yang sangat indah jadi perjalanan mendaki tidak membosankan.

Saat hari libur, tempat wisata Grojogan Sewu Tawangmangu sangatlah ramai di datangi wisatawan dari dalam maupun luar kota. Buat kamu yang minat ke Grojogan Sewu Tawangmangu, para wisatawan di kenai biaya masukatau tiket kurang lebih 20.000 per orang.

2. Keraton Surakarta


Keraton Surakarta menjadi salah satu objek wisata sejarah di solo, apabila kamu ingin tahu lebih dalam sejarah kota solo Keraton Surakarta adalah tempatnya. Keraton Surakarta memiliki bangunan yang didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II tahun 1744 mengantikan Keraton Kartasura yang hancur karena peristiwa Geger Pecinta pada tahun 1743 silam.

Sekarang, bangunan ini menjadi tempat tinggal sri sunan dan dijadikan tempat wisata sejarah untuk belajar kota solo lebih dalam lagi. Selain itu di dekat kraton Surakarta adapun komplaks seperti  Alun Alun, Sasana Sumewa, Siti Hinggil Lor dan Kidul, Kemandungan Lor dan Kidul, Sri Manganti Lor dan Kidul, Kedaton dan masih banyak lagi. Keratin Surakarta juga memiliki koleksi seperti peninggalan kasunan, gamelan, reprika pusaka kraton dan mesih ada benda benda sejarah lainya.

3. Taman Sriwedari


Sriwedari menjadi salah satu tempat wisata sejarah yang berada di kota solo. Tempat wisata Sriwedari merupakan kompleks pertamanan yang berlokasi di daerah laweya, solo. Taukah kamu kalau wisata Sriwedari sudah ada sejak kepemimpinan Pakubuwana X. selain menjadi tempat wisata sejarah juga digunakan hiburan malam selikuran, taman ini juga pernah menjadi tempat penyelenggaraan pon tahun 1948.

Taman Sriwedari menjadi tujuan wisata dan pusat hiburan, seni, dan budaya masyarakat solo. Jika kamu berkunjung di solo tidak lengkap kalau mengunjungi Sriwedari. Tempat wisata ini di buka pukul 10.00 pagi sampai 22.00 malam dan untuk biaya masuk kurang lebih 3000 rupiah.

4. Kebun Binatang Taru Jurug


Kebun Binatang Taru Jurug menjadi slah satu wisata ramah terhadap  anak anak dengan kebun binatang. Tempat wisata ini berlokasi di jalan lr. Sutami, Kentingan, Jebres, Solo, Lebih tepatnya di belakang kampus Universitas Sebelas Maret. Tempat wisata Kebun Binatang Taru Jurug cocok di kunjungi bersama anak kecil. Tiket masuk wisata Kebun Binatang Taru Jurug hanya 8000 rupiah, dengan membayar 8000 rupiah anda bisa melihat aneka koleksi sat ataman wisata Kebun Binatang Taru Jurug yang berada di solo – Jawa Tenggah. Jika berminat ke tempat wisata Kebun Binatang Taru Jurug dibuka pada pukul 7 pagi sampai  sore.

5. Taman Balekambang


Tempat wisata Taman Balekambang yang berada di solo jawa tenggah. Tempat wisata ini berada di jalan ahmad yani, solo. Taman ini memiliki luas 10 hektar dan di bangun oleh KGPAA Mangkunegara VII pada tahun 1921 untuk kedua putrinya.

Taman Balekambang memberikan berbagai tanaman langka seperti kenari, beringin putih, beringan sungsang, serta apel coklat selain itu tempat wisata ini juga memiliki kolam yang berisi perahu perahu hias yang bisa di naiki wisatawan. 

6. Tugu Lilin


Tempat wisata yang berada di kota solo berikutnya adalah tugu lilin. Tugu lilin menjadi salah satu objek wisata untuk bersantai pada sore hari. Bangunan ini di banguan untuk memperingati 25 tahun kelahiran boedi oetomo. Bangunan ini bertempat di jalan kebangkitan nasional, kota solo. Figure lilin sengaja dipilih untuk mengambarkan semangat dan perjuangan bangsa Indonesia yang menyala dalam merebut kemerdekaan.

Jika kamu hobi foto, tempat wisata tugu lilin sangat kami rekomedasikan, seperti berfoto dengan latar belakang tugu lilin. Selain berfoto kamu juga dapat belajar sejarah pejuang pada aman dahulu ketika mereputkan kemerdekaan Negara Indonesia.

7. Kampung Batik Kauman


Solo terkenal dengan batiknya, jadi ketika kamu kesolo jangan sampai meleatkan wisata batik, apalagi jika kamu membeli batik untuk oleh oleh keluarga. Di kampong batik kauman juga di perlihatkan proses pembatikan dari awal hingga selesai loh jadi bisa kamu pelajari juga proses pembuatanya.

Hasil batik di kampong batik kauman solo sudah terkenal hingga ke luar negeri. Banyak wisatawan luarnegeri ke solo untuk membeli oleh oleh batik untuk dibawanya ke negaranya. Harga batik di kampong batik sangatlah beragam mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung bahan dan corak dari batik tersebut.

8. Museum Batik Danar Hadi


Stelah ke kampong batik tidak menarik kalau tidak mengunjungi museum batinya juga yaitu Museum Batik Danar Hadi yang berada di kota solo jawa tengah tepatnya di Jalan Brigjel Slamet Riyadi No. 261, sriwedari. Museum Batik Danar Hadi adalah salah satau tempat wisata yang memperkenalkan batik yang berada di kota solo.

Koleksi Museum Batik Danar Hadi sudah memiliki koleksi sebanyak 10.000 koleksi kain batik dengan motif berbeda beda. Motif batik biasanya tergantung dengan kultur, lingkungan, dan lain lainya.

Koleksi batik yang berada di Museum Batik Danar Hadi merupakan koleksi dari pendiri museum yaitu PT Batik Dahar Hadi, H. Santoesa Doellah. Jika ke kota solo jangan lupa kunjungi wisata Museum Batik Danar Hadi ya.

9. Pura Mangkunegaran


Pura Mangkunegaran adalah salah satu kediaman resmi pemimpin Kadipaten Praja Mangkunegara. Bengunan ini terletak di Ronngowarsito telah menjadi pusat dan seni di kota solo. Di dalam istana juga banyak sekali koleksi, koleksi tersebut merupakan koleksi koleksi dari peninggalan Kerjaan Mataram dan Majapahit.

Jika masih ada waktu di solo jangan sampai tinggalkan wisata yang satu ini apalagi pada hari rabu, sebab pada har rabu di gelar gelaran gamelan yang di selengarakan secara rutin satu minggu sekali. Di Pura Mangkunegaran juga menyediakan sanggar tari tradisional dan modern yang latihanya di selengarakan setiap hari pada pukul 15.00. Harga tiket wisata sejarah di Pura Mangkunegaran sebesar 10.000 per orang.

10. Pandawa Water World Solo Baru

Salah satu objek wisata yang terakhir adalah Pandawa Water World Solo Baru, tempat wisata ini bisa di bilang destinasi pelesiran modern di tangah kota solo. Tempat wisata ini memberikan  wahana atau permaianan air yang sangat cocok di kunjungi anak anak maupun dewasa.

Pandawa Water World Solo Baru sesuai dengan namanya, tempat wisata ini memberikan tema yaitu mahabarata hal ini menjadi salah satu alasan wisatawan mengunjungi wisata ini. Harga tiket wisata ini adalah 80.000 pada hari biasa dan 100 ribu per orang untuk akhir pecan atau liburan.

Gimana ? sudah ada tujuan wisata yang kamu kunjungi? Beikan komentar menarik dibawah dan jangan lupa share artikel ini ke social media dan kerbat kamu yang akan pergi ke solo, agar tidak kebingungan memilih objek wisata. Terimakasih dan sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel