Wajib Baca !! 7 Bahaya Menggunakan Headset Terlalu Lama


Bahaya Menggunakan Headset - Tentu semua sudah tahu kalau menggunakan headset memiliki bahaya, tidak hanya headset semua perangkat elektronik jika digunakan berlebihan akan mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan.

Mendengarkan musik menggunakan headset adalah salah satu hal paling di faforitkan semua orang karena tidak menggagu orang disebelah dan memiliki hiburan sendiri, tetapi menggunakan headset secara berlebihan akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan badan. Bahaya Menggunakan Headset
Mungkin saat ini pengguna aktif headset tidak apa apa tetapi jika digunakan terus dengan jaka panjang akan kelihatan akibatnya seperti gangguan pendengaran dan sebagainya.

Beberapa cara untuk menjaga kesehatan telingga dengan cara menurunkan volume suara pada headset. Turunkan volume menjadi 40% atau setidaknya kamu masih bisa mendengarkan suara di sekitar kamu, apabila kamu menggunakan headset menggunakan volume besar dan suara di suasana tidak terdengar hal ini sangatlah membahayakan kesehatan telingga dan mengakibatkan radiasi berbahaya pada otak kamu. Bahaya Menggunakan Headset

Sebaliknya, tanpa menggunakan headset suara yang dihasilkan tidak maxsimal atau pecah hal ini sangat berpengaruh kepada seorang editor video atau editor video, mereka semua cwnderung memilih menggunakan headset untuk kepentingan pekerjaanya. Bahaya Menggunakan Headset

Bekerja menggunakan headset cenderung disukai karena suara audio yang dihasilkan lebih baik dan pemakainya sangatlah simpel jadi tidak akan banyak merepotkan.

Kembali ke pokok permasalahan, boleh menggunalan headset tapi kamu harus inggat jangan berlebihan seperti memakai saat tidur sampai bangun tidur effecr radiasi akan berbahaya bagi tubuh bahkan akan menyebabkan kematian. Bahaya Menggunakan Headset

1. Merusak Telinga Sementara Atau Permanen

Telingga tidak mampu untuk terus menerus mendengarkan suara dari headset, apalagi headset yang memiliki volume 90 atau 100. Volume besar akan mengakibatkan kerusakan pada telingga, mamang telingga tidak langsung rusak tapi lama kelamaan telingga kamu akan eror sementara dan jangan sampai eror permanen.

Telingga, organ tubuh, badan, dan semua anggota tubuh butuh untuk beristirahat, jadi beri kesempatan telingga kamu untuk istirahat dan jangan sampai kamu pekerjakan terus. Kita harus inggat mesin kalau sedang mogok berarti butuh istirahat jadi samakan saja telingga kamu dengan mesin. Menurut saya sah sah saja kamu menggunakan headset tapi gunakan secara bijak. Gunakan headset hanya 30 menit atau kurang dari 30 menit cukup dan waktu lain kamu gunakan untuk istirahatkan telingga kamu.

2. Kehilangan Pendengaran

Anak muda jaman sekarang rata rata mereka pernah menggunakan headphone, headphone sudah menjafi kebiasaan remaja muali berangkat sekolah, di sekolah, pulang sekolah, sampai mau tidur mendengarkan musik atau video.

Hal ini jika di teruskan menggunakan headphone akan menyebabkan kehilangan pendengaran sejak muda semakin cepat. Potensi alat bantu pendengaran akan laris manis.

Seperi yang saya tulis di nomer satu mendengarkan musik menggunakan headphone boleh boleh saja, tapi berilah jeda untuk telingga kembali normal atau istirahatkan gendang telinga.

Jika tidak akan menyebabkan telingga rusak secara permanen. Gunakan volume normal sekitar 20-40 agar telingga tidak rusak dengan waktu pendek.

3. Ambang Pendengaran Pengguna

Bahaya Menggunakan headset yang berlebihan selain menggagu kesehatan juga menngurangi ambang pendengaran pengguna hal ini bisa disebut juga tuli ringan.

Jika kita biasa mendengarkan suara atau audio dari jarak yang cukup jauh, dengan berkurangnya ambang pendengaran kamu hanya bisa mendengarkan jika suara mendekat. Hal ini akan berbahaya jika kamu berkendara di jalan raya.

4. Radiasi Bisa Merusak Otak

Apabila kita menggunakan headset, headset akan bekerja dan menjalankan gelombang elektromagnetik. Gelombang elektromagnetik bisa merusak pada telingga dan radiasinya akan merusak otak kamu.

5. Infeksi Telingga

Mengunakan headset juga menyebabkan infeksi, hal ini sering di alami oleh para pengguna dan sering kali dialami dengan alasan yaitu headset dalam keadaan kotor. Kebersihan sebagian dari iman, yap betul sekali kita harus tetap menjaga kebersian headset dan alat alat elektronik kamu lainya. Apabila kelihatan headset kamu kotor segeralah dibersihkan di bagaian yang meyentuh telingga atau jika headset mengunakan karet, ganti karet headset menggunakan karet cadangan. 

Sebaiknya jangan pinjamkan headset kamu ke teman atau kerabat kamu karena semakin sering headset kamu digunakan orang lain semakin banyak bakteri yang ada di headset kamu, hal ini akan menyebabkan infeksi pada telingga pengguna.

6. Dampak Usia 20 Tahun

Anak usia 10 sekarang sudah mempunyai smartphone sendiri untuk kebutuhan gaming dan pastinya mereka pernah sekali dua kali menggunakan headset. Menggunakan headset dengan volume tinggi memang tidak langsung merusak telingga butuh proses untuk merusaknya.

Hal ini akan mengakibatkan 10 -15 tahun kemudian, akan menyebabkan kerusakan pada telingga kamu. Di usia 20 tahunlah dimana telingga kamu akan merasakan akibat terlalu sering bahkan setiap hari menggunakan headset. Maka dari utu bijaklah untuk menggunakan headset

7. Merusak Otak

Bahaya menggunakan headset selanjutnya adalah merusak otak, nah bahaya ini biasaya terjadi karena gelombang elektromagnetik. Gelombang inilah yang menyebabkan ganguan kepada telingga. 

Memang tidak langsung merusak otak. selalu sering menggunakan headset semakin cepat otak tergangu. 

Gelombang elektromagnetik sudah terbukti berbahaya dan merusak otak. Sudah di buktikan dengan di praktekkan ke hewan dan tumbuhan. Semua tergantung kamu, bijaklah mengguanakan peralatan elektronik tidak hanya headset atau headphone saja tapi smartphone, tv dan peralatan elektronik lainya juga mengandung gelomabang elektromagnetik.

Wajib Baca : 10 Tips Membawa Laptop Saat Berpergian

Nah itudia 7 Bahaya menggunakan headset, mudah mudahan bisa menjadi sebuah informasi terbaik. Jangan lupa share agar artikel ini semakin besar dan jangan lupa komentar agar saya semanggat dan terus menerus menulis. Dan seperti biasa SalamSukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel