10 Tips Membawa Laptop Saat Berpergian

 Tips Membawa Laptop

Tips Mambawa laptop sudah menjadi hal biasa untuk para mahasiswa dan para pekerja perkantoran. Laptop sendiri memiliki banyak sekali manfaat selain bentuknya kecil dan portable dibandingkan komputer dan laptop menjadi incaran oleh masyarakat milenial. 

Membawa laptop paling efektif menurut saya mengunakan tas yang berkualitas khusus untuk laptop. Untuk tas berkualitas biasanya memiliki ciri ciri seperti Memiliki busa tau pelindung laptop yang baik, bahan tas tahan air, sleting pada tas sangatlah tebal, dan tentunya memiliki keamanan anti maling kalau perlu.

Sesibuk sibuk orang terkadang menyepelekan tentang keamanan laptopnya padahal laptop yang dia gunakan mengandung banyak sekali dokumen penting. Apalagi untuk pembawaan laptop ketika keluar rumah atau berpergian, hal ini mendorong saya untuk membuat tips membawa laptop.


Berikut ini adalah 10 tips membawa laptop disaat berpergian :

1. Pilih Tas Laptop

 Tips Membawa Laptop

Gunakan tas laptop yang memiliki keamanan yang baik seperi yang saya sebutkan di deskripsi diatas. Memilih tas laptop tidak harus mahal, dengan harga 50.000 rupiah kamu sudah bisa mendapatkan laptop tapi dengan kualitas yang kurang baik.

Tapi kalau untuk pembawaan laptop dengan jarak dekar seperti rumah ke sekolah sekitar 1 KM, tas dengan harga 50.000 sudah cukup baik tapi demi keamanan kamu bisa menambahkan sarung di sisi atas bawah laptop pada tas tsb agar laptop tetap dalam keadaan aman.

Banyak sekali brand lokal ataubluar negeri yang menjual tas laptop dengan fiktur yang berbeda beda tapi sekarang yang lagi tren adalah tas laptop anti maling, dengan harga kurang lebih 100.000 kamu sudah bisa mendapatkan tas tsb. 

Jadi semua kembali kepada kebutuhan kita, kalau kita hanya memiliki lowbutget jangan beli tas laptop yang profesional beli yang sederhana seperti tas laptop bawaan dari toko sudah cukup. Mudah mudahan tips memilih tas laptop di artikel tips membawa laptop bisa di mengerti.

2. Jangan Sampai Tas Sesak

Bepergian biasanya membawa barang yang banyak, hal ini sering di abaikan ketika membawa laptop padahal apabila anda membawa laptop dan space tas sangat sesak dan tas tersebut kamu bawa di punggung hal ini akan mengakibatkan barang tersebut akan menekan laptop pada bagian layar.

Hal ini bisa menyebapkan kerusakan ringan pada lcd laptop kalau lcd laptop tebal hal ini bisa aman aman saya sedangkan kalau lcd tipis hal ini akan membuat kerusakan ringan pada lcd laptop kamu.

Jadi untuk menyeimbangi tas agar tidak sesak saya sarankan untuk membawa 2 tas yaitu tas untuk barang bawaan dan tas khusus untuk laptop. Mudah mudahakan tips membawa laptop bisa di mengerti.

3. Bersihkan Dokumen Tidak Penting

Bersihkan dokumen tidak penting memang tidak terlalu berpengaruh tapi untuk antisipasi jika ada dokumen ukuran besar saat miting kita tidak buah bung waktu ketika copy yang di karenakan kebanyakan file atau file penuh.

Hal ini bisa kamu atasi dengan mengunakan HDD External. Data pribadi atau data penting kita bagi dengan bijak atau kamu backup di hdd external. 

Solusi terakhir jika kamu lupa untuk hapus data kamu bisa memanfaatkan internet kantor untuk upload file ke google drive walaupun memakan waktu yang agak lama tapi tetap rekoemendasi banget. 

Untuk tips berikut hanya untuk bepergian untuk para pekerja dengan berpergian yang sangat membutuhkan laptop tapi untuk berlibur tidak terlalu masalah.

4. Keluar Dari Akun Sosial Media

Hal ini sering dilupakan oleh penguna laptop padahal hal ini sanagat penting sekali untuk menjaga privasi kita dari rekan kerja atau kliyen kantor kamu. Keluar dari akun sosmed selain untuk membantu privasi kita, juga membantu agar akun sosial media kita tidak dibajak orang yang tidak dikenal.

Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara jangan meyimpan atau login otomatis pada web browser kamu. Jadi setiap kita menutup browser akan otomatis browser akan log out akun sosmen kalian.

5. Jangan Bawa Laptop Pada Tas Keadaan Stanby

Keadaan stanby adalah keadaan dimana laptop hanya dibiarkan mati pada monitor dan mesin tetap menyala hal ini jika kamu masukan laptop terlalu lama di dalam tas akan berakibat rusak karena di dalam tas hanya memiliki suhu yang sangat sedikit dan peran udara juga sangat sedikit, sedangkan laptop membutuhkan udara yang luas untuk membuang panas pada prosesor laptop kamu.

Hal ini biasa di lakukan oleh para pekerja atau mahasiswa yang tergesa gesa untuk bepergian dan membiarkan tetap nyala apalagi sampai lupa mematikan. Kalau laptop bertahan dengan baik ya masih bagus tapi kalau rusak kita akan menyesal di belakang.

Saya sarankan jangan tergesa gesa untuk bepergian demi keamanan laptop dan juga menghemat uang kamu untuk service laptop tersebut.

6. Pastikan Laptop Dalam Keadaan Mati

Memastikan laptop dalam keadaan mati dengan cara melihat lcd laptop pastikan lcd tersebut mati hitam dan tidak ada cahaya, pastikan lampu indikator power dan lainya mati total dan pastikan mesin atau fan laptop sudah mati.

Apabila kita tergesa gesa dan menekan shutdown lalu menutup laptop tanpa menunggu laptop sampai mati total biasanya laptop akan tetap menyala dan sangat tidak sarankan untuk dibawa berpergian karena sangat berbahaya pada laptop dan sangat berbahaya pada uang yang kamu miliki untuk kebutuhan service yang mahal saat ini.

7. Lepas Baterai Laptop

 Tips Membawa Laptop

Melepaskan baterai ketika bepergian sebenarnya di lakukan ketika kita perjalanan jauh. Untung dari melepaskan baterai adalah agar laptop tidak memiliki daya listrik yang menyambung pada baterai. 

Hal ini dilakukan karena baterai bisa menyebabkan terjadinya konsleting listrik dan jika terjadi hujan atau cuaca kurang mendukung bisa menyebabkan ledakan. Tapi tenang sekarang baterai laptop memiliki teknologi yang baik untuk mencegah hal yang tidak di nginkan.

Tapi kita harus antisipasi tetap melakukan pelepasan laptop demi keamanan dirikamu dan orang lain.

8. Kemas Dengan Hati Hati

Pengemasan pun harus kamu perhatikan, tataletak yang baik pada laptop agar laptop selalu aman dan tentunya samapai tujuan tidak mengalami masalah apapun. Untuk pengemasan saya sarankan untuk menutupi laptop dengan mantel lalu di masukan ke kantong tas yang khusus untuk laptop lalu jepit dengan karet agar laptop tidak lepas.

Agar lebih aman lagi kamu bisa mengnakan kalin atau selimut untuk media tambahan untuk melindungi laptop. Agar laptop kamu semakin aman. Itulah trik yang sering saya gunakan disaat packing laptop.

9. Taruh Laptop Di Bagian Tenggah

Dengan meletakkan laptop dibagian tenggah agar laptop semakin aman dan mengurangi goncangan. Meletakkan laptop pun tidak sembarangan saya sarankan laptop yang kita bawa bagian bawah berada pas di punggung jadi kalau ada goncangan lcd tidak menatap pada punggung kamu.

Hanya dengan menaruh laptop di tenggah dan meletakkan baju atau bahan berbentuk kain di samping laptop hal ini membantu laptop terhindar dari benturan. Jangan lakukan peletakan setelah laptop lalu barang tumpul hal ini akan mengakibatkan bahaya pada laptop kamu.

10. Saat Terjadi hujan

Air adalah musuh besar barang elektronik terutama laptop maka dari itu di nomer 8 saya meminta untuk mengunakan mantel di dalam tas untuk melindungi laptop apabila kamu belum merasa cukup kamu bisa menutupi tas dengan mantel juga agar semakin aman pada saat hujan.

Hal yang harus kamu lakukan seperti yang saya tulis di nomer 7 untuk melindungi laptop selain mantel adalah melepaskan baterai laptop hal ini akan membuat laptop semakin aman dan terhindar dari petir dan cuaca lainnya.


Nah, itu dia 10 tips membawa laptop, jika kamu suka share artikel ini ke kerabat atau teman kamu agar lebih banyak orang terbantu dengan membaca artikel ini. Semakin banyak orang yang share akan semakin banyak orang yang terbantu. Jika ada saran atau komentar tulis di kolom komentar dibawah agar situs ini semakin besar. Seperti biasa Salam sukses 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel