Ini Dia 13 Tips Cara Merawat Printer Dengan Baik Dan Benar

Tips Cara Merawat Printer Dengan Baik
Tips Cara Merawat Printer Dengan Baik

Tips Cara Merawat Printer
- Printer adalah hadware output yang digunakan untuk kegiatan percetakan, entah percetakan rumahan atau percetakan besar seperti bisnis. Merawat printer menururt saya susah susah gampang, printer termasuk hadware sensitif atau gampang rusak jika kita tidak bisa merawatnya.

Printer memiliki banyak sekali jenis seperti printer inkjet, printer laser, printer plotter dan masih banyak lagi. Untuk perawatan perinter masing masing jenis printer memiliki perbedaan perawatan.

Printer memiliki berbagai merek seperti Canon, Epson, Lexmark dan masih banyak lagi, masing masing merek juga banyak sekali kelebihan dan kekurangan. Untuk mencari brand yang pas untuk kebutuhan saya sarankan untuk tanya ke tetangga atau kerabat dekat yang lebih lama menggunakan printer. Jadi ketika kamu kesusahan menggunakan printer tinggal tanya ke tetangga kamu.

Wajib Baca : Tips Merawat Baterai Laptop

Paket pembelian perinter paling murah adalah printer jenis inkjet, Printer jenis inkjet adalah printer yang memiliki tabung tinta berada di luar, jadi ketika kehabisan tinta tidak perlu repot untuk membongkar printer untuk sekedar pengisian tinta. Printer inkjet tergolong printer yang sangatlah murah, harga printer jenis ini sekitar 300-400 ribu rupiah cocok buat kegiatan rumah atau perkantoran kecil.

Rekomendasi brand printer yaitu Canon MP 258, Epson L200, HP F2476 jika memilih printer yang lebih murah saya merekomendasikan printer Epson L100 dan Epson L200.

Kekurangan printer inkjet adalah printer ini mudah rusak kalau kamu tidak bisa merawatnya. Perlu kita tahu, printer adalah hadware yang paling penting ketika untuk kerja atau kegiatan percetakan rumah. Jika kamu punya printer wajib ikuti tips cara merawat printer berikut ini.

1. Pemakaian Printer Secara Teratur

Penggunaan printer paling penting dan harus kamu perhatikan apalagi jika printer kamu lama tidak kamu gunakan akan menyebabkan tinta kering dan akhirnya tersumbat. Jika tinta printer tersumbat akan mengakibatkan dampak buruk seperti proses print terhambat bahkan hasil cetakan rusak gara gara catridge tersumbat tinta kering.

Solusi yang bisa kamu ambil, banyak sekali artikel di internet cara memperbaikinya tapi belum tentu work 100% dan belum tentu awat jangka panjang. Saya sangat merekomendasikan membeli yang baru untuk harga berkisar 100 sampai 300 ribu rupiah.

2. Pengisian Tinta Berkala Pada Tabung Ataupun Catridge

Apakah kamu tahu ? Printer dalam keadaan jalan dan keadaan mati masih mekonsumsi tinta jadi sebaiknya saya sarankan untuk menggunakan terus menerus akan tinta tidak kering dan terbung sia sia, apalagi pada saat Head Clening proses ini sangatlah membuang banyak sekali tinta, tapi hal ini juga membantu untuk proses perbaikan pada printer.

Hal yang jangan sampai kamu lupakan adalah mengisi tinta, jika lupa kamu isi tinta akan mengakibatkan penuhnya tinta yang berada di dalam selang printer kamu dan akan mengakibatkan kerusakan saat percetakan. Jadi pastikan tinta terisi setenggah di dalam tabung.

3. Cara Memakai Printer Dengan Benar

Memakai sebuah printer diawali denggan mengaktifkan tombol power on atau Off dan selanjunya head akan otomatis berjalan hal ini berfungsi untuk membersihkan tinta. Biarkan head tetap berjalan dan jangan sampai kamu mematikan printer langsung mencabut kabel hal ini akan berakibat fatal seperti head mengalami kerusakan atau sebagainya karena head pada printer akan kaget jika kamu lakukan seperti itu.

4. Perhatikan Cara Mencetak

Cara mencetak menggunakan printer dengan baik dan benar seperti berikut ini :

- Buka file atau dokumen yang akan di cetak
- Pilih File lalu pilih Print atau Ctrl+P
- Selanjutnya akan terbuka kolom untuk printah print disitu kamu bisa mengganti ukuran, jumlah print, ukuran kertas, dll
- Jangan lupa memberikan kertas bersih yang berada di printer
- Klik print dan proses print sudah mulai.

Print proses sampai selesai dan jangan sampai kamu tarik kertas ketika proses print, hal ini akan mengakibatkan kerusakan pada print.

5. Menjaga Kebersihan Printer Dan Area Sekitar Printer

Kebersihan printer sangalah penting sekali. Kebersihan sebagian dari iman, kebersihan dimualai dari niat kamu membeli dan merawat sebuah printer. Pastikan lokasi di sekitar printer tidak terlalu banyak debu. Hal yang harus kamu berhatikan disaat cek kebersihan printer seperti roll kertas, dalam printer, tabung tinta. Roll kertas biasanya disana paling banyak debunya apalagi printer yang tidak pernah di tutup dan dibiarkan dibuka hal ini akan membuat printer menjadi banyak debu di dalamnya.

6. Gunakan Kertas Bersih

Menggunakan kertas pun tidak sembarangan kertas, Tips cara merawat printer kita sebagai pengguna tentu harus pintar memilih kertas untuk digunakan ngeprint. Kertas yang digunakan berkiteria seperti ketas bersih dari debu, tidak lecek atau terlipat lipat. Hal ini jika tidak di perhatikan akan berakibat buruk pada hasil cetak pada kertas.

7. Menjaga Roller Dan Tempat Masuk Kertas

Roller seringkali berdebu, pangalaman yang saya oleh ketika punya print tempat yang banyak sekali debu yaitu di dalam roller. Hal ini bisa membuat kertas yang semua bersih menjadi kotor. Untuk mentanganinya kamu bisa melakukan menutupi printer menggunakan kain dan sebagainya agar debu tidak masuk samasekali.

8. Manfaatkan Fiktur Clean Head

Tips Cara Merawat Printer Dengan Baik

Fiktur clean head atau bisa disebut pembersih head memang sering kali digunakan ketika printer mengalami eror ringgan. Hal ini juga membantu keluarnya tinta dari catrid semakin lancar.

9. Sebaiknya Menggunakan Tinta Relifill

Tips Cara Merawat Printer Dengan Baik

Tinta ini direkomendasikan oleh kebanyakan orang karena hasil yang di dapat terlihat baik,pl profesional dan tentunya berkualitas. Hasilnya sudah dibuktikan oleh kebanyakan orang tapi tergantung kegunaan kamu kalau ringgan jangan gunakan tinta yang terlalu bagus tapi untuk kebutuhan bisnis percetakan wajib menggunakan tinta ini agar hasil lebih berkualitas.

10. Jangan Sentuh Chip Cartridge

Menyentuh chip cartride dapat menyebabkan turunya listrik stastik pada printer kamu hal ini tidak di anjurkan untuk memegang langung dengan tanggan.

11. Jangan Sembarangan Bongkar Printer

Jika kamu tahu teknik membongkar printer, tidak masalah. Tapi kalau kamu sama sekali tidak bisa membongkar print hal ini akan menjadi sebuah masalah. Jangan coba coba bongkar print sendiri tapi kalau ada pembimbingnya tidakmasalah.

12. Matikan Printer Ketika Tidak Digunakan

Mematikan sebuah printer sebuah hal sepele terkadang kita lupa mematikan sebuah printer pengaruhnya sih tidak terlalu banyak tapi sangat banyak menghabiskan listrik.

13. Matikan Printer Dengan Power

Mematikan printer di anjurkan menggunakan power bukan langsung mencabut kabel dari stop kontak hal ini bisa berakibat seperti konsleting listrik dan sebagainya.

Nah, itudia tips cara merawat printer apabila ada pertanyaaan silahkan komentar dibawah, jika suka share artikel ini ke kerbat atau teman kamu agar artikel ini semakin rame.

Wajib Baca : Tips Memilih Laptop

Memutuskan beli sebuah printer karus kamu sangat pikirkan karena jika kamu salah membeli hal ini akan berakibat nanti akan tidak terpakainya sebuah printer. Printer memiliki perawatan yang sangatlah ribet dan kamu sebagai pengguna saya sarankan agar menggunakan printer setiap harinagar mesin printer selalu di panasi hal ini agar tinta yang berada di dalam printer tidak kering. Untuk tips cara merawat printer cukup disini saya dan terimakasih, seperti biasa SalamSukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel