13 Tips Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Awet

Tips Cara Merawat Baterai

Cara Merawat Baterai Laptop - Laptop tanpa listrik tidak akan bisa di kendalikan, laptop memiliki pembantu agar tetap menyala tanpa listrik mengunakan baterai. Baterai laptop fungsinya untuk menyimpan energi listrik dan di keluarkan ke laptop atau hadware untuk menyimpan energinya.

Maka dari itu Baterai adalah salah satu hadware terpenting, tanpa baterai laptop kamu tidak bisa menyala saat outdoor atau jauh dari listrik. Seiringnya waktu sekarang ada hadware yang membantu jika baterai habis dan kehabisan listik yaitu dengan powerblank, tapi kamu harus inget powerblank yang kamu gunakan khusus untuk laptop bukan untuk smartphone.

Hadware laptop yang berguna untuk catu daya listrik adalah baterai laptop. Baterai laptop yang original dicari di pasaran sangat susah sekali. Karena produsen laptop atau pembuat laptop tidak sembarangan menyebarkan baterai sembarangan dan kamu sebagai pengguna jika tidak ingin kebinggungan mencari baterai laptop original, rawatlah baterai sebisa mungkin semaksimal mungkin yang kamu mampu.

Wajib Baca : 10 Tips Membawa Laptop Saat Berpergian

Performa laptop terus di tingkatkan dan tentunya spesifikasi baterai laptop pun juga di tingkatkan agar bisa menyeimbangi laptop. Pengguna sering kali menyepelekan perawatan baterai laptop padahal baterai laptop memiliki perawatan khusus. Maka dari itu kami memberikan tips cara merawat baterai laptop dengan benar dan baik, agar baterai kamu tetap awet.

Tips Cara Merawat Baterai


1. Baterai Baru

Membeli laptop baru tentunya baterai yang di pasang masih freez atau masih baru belum pernah di uji coba di toko komputer. Sesampainya rumah kamu charger baterai sampai 4-8 jam agar baterai laptop akan stabil seperti biasa, kucup charger laptop sampai 100%.

Baterai baru memiliki daya yang masih normal jadi jangan biarkan daya laptop berkurang, dangan mengikuti panduan baterai di buku panduan laptop yang kamu beli. Jangan membiarkan baterai di charger sampai larumalam atau semalam suktuk hal ini akan berpengaruh pada umur baterai.

2. Cabut Charger Saat Sudah 100%

Seperi yang saya tulis di nomer satu, untuk mencabut baterai di 100% tetapi hal yang sering sata temukan kepada masyarakat sekitar sering membiarkan charger laptop hingga melebihi 100% padahal itu sangat membahayakan

Sekarang memang ada fiktur cangih di laptop yang memiliki memutuskan listrik otomatis saat daya baterai mencapai 100%, tapi fiktur itu tidak dimiliki oleh semua laptop hanya laptop tertentu yang memiliki fiktur pemutusan otomatis.

3. Hindari Laptop Mati Total

Jangan biarkan laptop kamu hingga baterai indikator sampai 0% hal ini sangatla membahayakan terhadap umur baterai kamu, saran saya jika kamu inggin charger laptop pastikan laptop pada posisi daya 30% kebawah dan jangan biarkan laptop mati total.

Menghindari mati total juga memberikan manfaat yaitu menolong data atau project yang belum kita save seandainya kalau kita biarkan hingga mati dan kita lupa save ? Repot bukan.

Untuk menghindari baterai mati total hal yang bisa kamu lakukan adalah selalu cek daya baterai pada indikator di laptop biasanya bi bagian taksbar pada laptop dan jangan lupa pada saat laptop kamu tinggal pergi selalu cek kalau tidak menentukan kamu bisa cas laptop agar laptop tidak mati apalagi pekerjaan seperti export editing video pekerjaan yang membutuhkan waktu yang sangat lama.

4. Lepaskan Baterai


Melepaskan baterai laptop sering kali di lakukan oleh penguna laptop tapi untuk saya pribadai tidak anjurkan kamu untuk keseringan melepaskan laptop hal ini akan membuat slot baterai pada laptop longgar dan akan menyebapkan kerusakan pada slot baterai, repot lagi.

Nah jalan pintasnya kamu gunakan laptop dengan baterai tetap di posisi dan tetap charger baterai hal ini memang sangat membahayakan tapi saya pribdai sering melakukan hal ini.

Tapi hal ini sebenarnya salah dan sara sarankan jangan lakukan hal ini terlalu sering karena akan berbahaya untuk umur laptop dan juga umur baterai kamu.

5. Gunakan Charger Original


Memang mengunakan charger bebeda bisa melakukan proses charger pada laptop, tapi jika kamu tidak mengunakan yang ori dan sering berganti ganti charger hal ink bisa membuat kerusakan pada slot charger pada smartphone kamu.

Seperti yang saya katakan di atas kalau mencari charger original sangat sulit sekali dan tidak dijual bebas di sembarangan toko komputer di indonesia.

Jadi kalau benar terjadi kerusakan, repot juga. Hal ini bisa kamu mencegahnya dengan terus konsisten mengunakan charger laptop yang original.

6. Perhatikan Temperatur Saat NgeCharger

Baterai juga sangatlah berpengaruh pada suhu ruangan, suhu yang baik untuk menyimpan atau mengunakan laptop paling baik adalah suhu yang dimana tidak terlalu dinggin dan tidak terlalu terlalu panas. Suhu yang di perlukan untuk baterai laptop adalah suhu standart.

Apabila mengunakan laptop di suhu extream seperti terlalu panas atau terlalu dinggin akan mengakibatkan laptop akan bekerja sangat keras hal ini akan mengakibatkan daya baterai laptop cepat habis dan akan mengurangi kinerja baterai.

7. Aktifkan Mode Power Saver

Sistem operasi paling populer dan paling banyak digunakan adalah windows. Windows memiliki banyak sekali fiktur seperti power saver. Power saver memiliki fiktur penghemat daya baterai hal ini sudah di buktikan kebanyakan orang, untuk mengaktifkan fiktur tersebut seperti dibawah ini :

- Klik icon baterai pada taksbar sebelah kanan bawah
- Lalu pilih Power saver

Kalau kurang jelas kamu bisa mencari panduan lengkap untuk mengaktifkan fiktur ini di youtube, sudah banyak orang yang mengaktifkan fiktur ini. Kurang lebih seperti itu

8. Tutup Aplikasi Yang Tidak Perlu

Menutup aplikasi yang tidak kamu perlukan memabantu kinerja ketika charger laptop. Yang dimaksud menutup aplikasi yang tidak perlu yaitu seperti aplikasi yang berjalan otomatis yang bisa kamu hentikan pada settingan menu taks manager.

9. Mematikan Wifi Atau Koneksi Internet

Mematikan koneksi internet sangat perpengaruh sekali kepada kinerja baterai, hal yang sering di lakukan masyarakat adalah ketika mereka berselancar di internet mengunakan laptop dan selalu menancapkan kabel cas laptop. Hal ini sah sah saja itu yang kamu gunakan laptop kamu tapi saran saya hal ini sangatlah berbahaya.

Mamang effectnya tidak langsung effect nya butuh proses untuk menamopakan diri dan hal ini sangatlah jarang, bahakan banyak yang merasa aman aman saja tapi tidak saya anjurkan untuk kamu.

10. Setting LCD

Maksud seeting lcd adalah setting pencerahan layar laptop, laptop secara default memiliki kecerahan standart yaitu sekitar 50% hal ini kamu bisa turunkan sedikit menjadi 10% atau kalau tidak kelihatan bisa stting sesuai kebutuhan kamu.

Hal sepele tapi effectnya sangatlah besar bagi baterai kamu. Tentunya pada daya baterai, daya baterai akan semakin cepat habis dan hal ini sangatlah membahayakan baterai. Memang effectnya tidak langsung tapi kita sebagai pengguna harus menisimalir hal buruk tersebut.

11. Mengganti Settingan speaker Menjadi Headset

Bagi kamu yang suka nonton video atau film bisa melakuakan hal ini dengan tidak mengunakan speker laptop tapi menggunakan headset, hal ini sebenarnya berbahaya bagi kesehatan kamu karena menggunakan headset dengan laptop yang di charger akan mengakibatkan dada atau tubuh terasa sesak hal ini sangatlah berbahaya dibandingkan dengan mennggunakan headset tanpa charger.

Solusinya putuskan untuk tidak menonton atau mendengarkan musik selama 4-8 jam untuk keperluan charger agar lebih aman kesehatan baterai dan kesehatan tubuh kamu.

12. Lebih Baik Charger Dalam Keadaan Mati

Tentu saja hal ini sangat direkomendasikan oleh kebanyakan orang. Paling efektif charger laptop adalah dengan pada saat laptop posisi mati, karena baterai tidak bekerja sama sekali hal ini memungkinkan proses charger semakin cepat.

13. Memilih stop Kontak

Ini nih sering di abaikan orang stop kontak memang tidak berpengaruh 100% tapi stop kontak kalau memiliki cabang yang banyak akan mengakibatkan proses charger semakin lama.

Wajib Baca : Tips Memilih Laptop Terbaik

Nah itudia penjelasan singkat tentang tips cara merawat baterai laptop, jika ada suka share artikel ini ke kerbat ayau teman di rumah atau di akun sosial media, komentar jika ada saran dan bareng bareng bangun situs ini menjadi lebih besar lagi dan seperti biasa. SalamSukses

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel