Akibat Sering Melepaskan Baterai Pada Laptop



Akibat Sering Melepaskan Baterai Pada Laptop - Laptop memiliki energy listrik yang disimpan di baterai, Tanpa baterai laptop di saat di luar ruangan tidak akan bias di nyalakan di karenakan laptop tidak memiliki penyimpanan energy pada baterai. Baterai laptop memiliki kemampuan yang luar biasa. Baterai laptop saat ini mampu bertahan hingga 4-8 jam penggunakan tergantung pada penggunaanya dan tergantung pada spesifikasi bateri tsb.


Perawatan bateri pun tidak sembarangan, ada berbagai cara merawat bateri laptop dan cara tersebut tidak asal asal karena kita tahu hadware laptop sangatlah sensitive.

Membiarkan laptop saat digunakan dan tetap terhubung dengan adapter tanpa melepaskan bateri hal ini tidak berpengaruh pada kerusakan bateri atau umur bateri tetapi lebih baik jika charger baterai laptop pada posisi laptop mati hal ini lebih baik.

Seperti yang kita ketahui baterai laptop memiliki teknologi canggih yaitu bateri laptop di rancang sedemikian rupa jika bateri laptop penuh 100% otomatis proses charger akan terputus, hal ini tergantung pada masing masing laptop.

Menggunakan laptop dengan bateri terlepas adalah cara buruk ketika menggunakan laptop. Hal ini jika di gunakan akan menyebapkan kerusakan pada laptop dan juga kerusakan pada hadware laptop. Menggunakan laptop dengan bateri di lepas dan energy langsung dari adaptor hal ini akan menggurangi umur laptop kamu sebaiknya gunakan bateri walaupun dalam posisi charger.

Kenapa hal ini sangat berbahaya pada umur laptop ?

Karena jika melepaskan bateri laptop dan laptop tetap menyala dengan bantuan charger ke listrik, tidak aka ada perantara arus listrik. Misalnya Kita menggunakan laptop pada saat arus listrik tidak setabil dan kita tetap menyalakan laptop dalam keadaan bateri terlepas, otomatis jaringan yang tidak stabil tadi langsung menuju motherboard itupun akan merusak monderboard laptop kamu. Kalau menggunakan bateri arus listik akan di stabilkan oleh bateri laptop yang kamu gunakan.

Namun ada kondisi yang dimana kamu harus melepaskan bateri laptop yaitu pada saat laptop menggelurkan panas berlebihan. Saat laptop mengeluarkan panas berlebihan, panas tersebut turun memanasi bateri. Nah panas inilah yang akan merusak bateri laptop kamu.

Jadi sudah faham kan kalau melepaskan bateri laptop akan mengakibatkan memperpendek umur laptop. Dan apabila laptop mempunyai panas berlebihan jangan sungkan atau takut untuk melepaskan bateri laptop, hal ini sangat di peerlukan untuk kesehatan laptop agar tetap tahan lama. Dan berikut ini ada dampak negative menyalakan laptop tanpa bateri :

  • Menyalakan laptop dalam keadaan bateri terlepas akan mempercepat kerusakan pada komponen komponen seperti hadware yang ada di dalam laptop kamu, Karena Komponen hadware kamu menerima banyak sekali tegangan listrik yang tidak stabil dan cenderung membahayakan.
  • Laptop menyala dengan stabilisator atau UPS juga tidak di sarankan walaupun sedikit berpengaruh pada komponen komponen hadware pada laptop, karena arus listik yang di terima juga langsung menuju ke hadware laptop tanpa melalui penyesuaian tegangan (voltage conveter) dan sirkut pengatur (regulator circuit)
  • Kalau listrik tiba tiba mati akan meyebabkan laptop mati mendadak, beda lagi kalau listik tiba tiba mati bateri kita masih terpasang dan laptop tidak mendadak mati. Kalau bateri tidak di pasang akan mengikbatkan laptop akan mati mendadak dan ibarat mati tidak normal seperti hadware di dalam laptop akan kaget karena hal tersebut.
  • Melepaskan baterai di anjurkan jika kita tidak menggunakan laptop terlalu lama minimal kita tidak pernah menggunakan selama 3-5 hari hal ini sangat di anjurkan untuk melepaskan bateri. Tapi kalau kita gunakan laptop setiap hari saya anjurkan untuk tetap memasang bateri buat menghindari kerusakan data dan kerusakan system pada laptop. Baterai yang terpasang juga melindungi hadware dari arus listrik yang tidak stabil, misalnya akibat ada petir yang tiba tiba menyambar.

Gunakan bateri sebijak mungkin jangan mencoba halkonyol seperti melepakan baterai saat digunakan, lepaskan bateri sesuai dengan keadaan seperti tidak pernah di pakai dan laptop mengeluarkan panas berlebihan, hal ini sangat di anjurkan demi kesehatan hadware laptop kamu sendiri.
Nah, itudia Akibat Sering Melepaskan Baterai Pada Laptop apabila kamu masih kebinggungan silahkan komentar di kolom di bawah, jika kamu suka share ke social media yang kamu miliki mungkin ada teman atau kerabat yang membutuhakn hal ini. Jangan sungkan untuk mengunjungi artikel kita yang lain dan seperti biasa SalamSukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel